Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pengelola Kearsipan Tahun 2017

Sanggau, Menyadari bahwa arsip merupakan sumber informasi dan sebagai bahan pertanggung jawaban nasional bagi pemerintah daerah yang harus dikelola secara profesional sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku dipandang perlu mempersiapkan sumber daya manusia yang dapat mengelola kearsipan/arsiparis yang handal dan kreatif.

Dalam rangka medukung penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Sanggau yang baik ( Good Government ) dan Pemerintahan yang bersih ( Good Governance ) serta menghadapi tantangan globalisasi dan untuk meningkatkan kemampuan para arsiparis maupun pengelola arsip maka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelola Kearsipan pada tanggal 29 Maret 2017 sampai dengan tanggal 30 Maret 2017. Bimtek dilaksanakan di Aula Mahoni Hotel Meldy Sanggau diikuti oleh 40 orang arsiparis maupun pengelola arsip yang mewakili Organisasi Perangkat Daerah masing-masing 1 (satu) orang.

Bimtek pengelola kearsipan dibuka secara resmi oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Bapak A.L. Leysandri, S.H. Dalam sambutannya beliau mengharapkan kepada para peserta untuk benar-benar menyimak dan memahami materi yang disampaikan agar dapat mengelola arsip, menyimpan, mengamankan dan menyelamatkan arsip terutama yang memiliki nilai kesejarahan ( arsip statis ) maupun arsip vital dengan sebaik-baiknya dan sesuai prinsip, kaidah dan aturan standar kearsipan.

Mengingat pentingnya arsip maka Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat Bapak Ignasius IK, SH. M.Si berkenan hadir sebagai narasumber didampingi Kasi Pengelolaan Arsip Dinamis Ibu Ropina, SP pada Bimtek ini. Adapun materi yang disampaikan tentang pengawasan, pengelolaan arsip statis, pengelola arsip dinamis dan jadwal retensi arsip sedangkan pengantar kearsipan disampaikan oleh Plt.Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau Bapak Igantius Irianto, S.Sos, M.Si.

Bimtek ditutup secarta resmi oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau. Dalam pidato arahannya beliau berpesan agar setelah mengikuti Bimtek Pengelola Kearsipan ini peserta dapat mempratekkan apa yang sudah didapat selama 2 (dua) hari pelatihan agar pengelolaan arsip dinamis yang tercipta maupun nasib akhir dari sebuah arsip dapat dikelola dengan baik sesuai dengan tema Bimtek Pengelola Kearsipan Tahun 2017 ini yaitu “Meningkatkan Kemampuan Aparatur Menuju Sanggau Tertib”.

80%
Awesome
  • Design

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.