PELATIHAN DASAR DAN PENINGKATAN PROGRAM MICROSOFT EXCEL BAGI PNS DAN TENAGA KONTRAK

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN SANGGAU

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  pada hari Selasa , 31 Mei 2022 bertempat di ruang Multi Media Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Dasar dan Peningkatan Program Microsoft Excel yang diperuntukan bagi Sumber Daya Manusia PNS dan Tenaga Kontrak dalam rangka  menjalankan Transpormasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial dan Upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang pembukaan kegiatan oleh Kepala Dinas Bapak H.Sukri, S.Sos, M.Si

Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan rakyat, melalui penguatan budaya literasi guna menwujudakan masyarakat berpengetahuan,inovatif, kreatif dan berkarakter, yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Literasi tidak hanya dimaknai sebagai kemampuan membaca dan menulis saja,namun juga dapat diterjemahkan untuk mengatasi persoalan , meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan . Literasi telah diadopsi sebagai salah satu indikator penting dalam pembanguan yang memiliki dampak sosial ekonomi . Literasi juga berkaitan erat dengan pembangunan ekonomi yang membawa kesejahteraan.

Perpustakaan Nasional sebagai lembaga tinggi yang menaungi dan membina Pepustakaan di Indonesia menjalankan Program Transformasi Perpustakaan Berbasic Inklusi Sosial sejak Agustus 2018 hingga saat ini.

Dalam acara pembukaan kegiatan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan adalah untuk meningkatkan kualitas layanan Perpustakaan, Meningkatkan Penggunaan Layanan oleh Masyarakat sesuai dengan Kebutuhan Masyarakat dan Membangun Komitmen & Dukungan Stakeholder untuk Transpormasi Perpustakaan yang berkelanjutan.

Kadis juga mengatakan bahwa pelatihan adalah kearah literasi digital dan Inklusi Digital dimana pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan , mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkanya. Inklusi digital wajib diwujudkan karena akan ikut berkontribusi terhadap pengingkatan kualitas kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. apabila inklusi digital dapat diwujudkan, setidaknya masyarakat bakal mendapatkan berbagai manfaat .

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.