PELANTIKAN PENGURUS DAN PENGUKUHAN BUNDA LITERASI SE-KABUPATEN SANGGAU

 

 

Bertempat di Alua Perpustakaan Sanggau, Kamis 26 Agustus 2021 Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP,M.Si mengukuhkan pengurus Bunda Literasi Kabupaten Sanggau yang diketuai oleh DR. Marina Rona , SH. Kemudian diacara yang sama juga dilaksanakan Pengukuhan Bunda literasi Kecamatan di Kabupaten Sanggau oleh Bunda Literasi Kabupaten Sanggau , Ny. Arita Apolina, S.Pd, M.Si Bunda literasi Kecamatan yakni para istri Camat.

Pengukuhan juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, MM berserta istri dan sejumlah Kepala OPD Kabupaten Sanggau . Kegiatan berlangsung  dengan penerapan protokol kesehatan. ketat.

 

 

Acara diawali dengan  kata pembukaan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sambutan dari Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bapak H.Sukri , S.Sos,. M.si

Bupati Sanggau, Paolus Hadi berharap agar pengurus Bunda Literasi yang dilantik mampu berkerjasama dalam mendorong pengingkatan budaya literasi di Kabupaten Sanggau,”Harapan saya pengurus ini akan membantu betul bagaimana pengembangan membudayakan membaca dan juga tentu menjadi figur orang-orang yang dipercaya bisa mengembangkan atau memperlihatkan kemampuannya,” ucap  Bupati SanggauSelain itu, Bupati Sanggau juga berharap dengan hadirnya pengurus Bunda Literasi ini akan semakin banyak orang Sanggau yang mau membaca.”Baik melalui Buku di Perpustakaan ataupun melalui sistem yang ada,  juga termasuk mendorong orang Sanggau untuk mau menulis,” ujarnya. “Dan juga bagaimana mengajak orang untuk bisa mensedekahkan buku-buku yang mungkin mereka punya. Jadi banyak kegiatan untuk membantu Bunda Likterasi menuju Sanggau maju dan terdepan,” sambungnya. Harapan yang sama juga disampaikan kepada Bunda Literasi Kecamatan”Bunda Literasi Kecamatan ini juga saya harapkan punya pengurus untuk membantu Bunda Kabupaten , karena ada target besar kita bagaimana penguatan SDM melalui PAUD, Gemar membaca dan seterusnya,”tuturnya.

Selanjutnya Sambutan dari Bunda Literasi Kabupaten Sanggau Ny.Arita Apolina, S.Pd, M.Si mengatakan bahwa dengan meningkatkan budaya literasi ini diharapkan lahirnya kemampuan membaca, menulis, mendokumentasikan dan juga berhitung yang menambah kecakapan secara pribadi untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dikatakan , ada beberapa kegiatan yang sudah diikuti Bunda-Bunda Literasi, antara lain mengikuti lomba video bercerita tentang legenda di suatu daerah atau kecamatannya masing-masing,”Ini juga bagian dari upaya meningkatkan indeks literasi masyarakat di Kabupaten Sanggau,” katanya,

Bunda literasi juga menjelaskan bahwa anak-anak di Kabupaten Sanggau sudah banyak yang berprestasi , baik tingkat nasional maupun manca negara dan ini menunjukan budaya literasi semakin membaik, terutama literasi Digital.”Bunda-Bunda literasi Kecamatn nanti juga akan melakukan kegiatan yang sama dengan kita di Kabupaten ,Pandemi ini bukalah hambatan bagi kita akan tetapi kita harus mampu membuat inovasi-inovasi dan kreatifitas baru untuk tetap berkarya,”kata Bunda Literasi.

‘Harapan saya kepada pengurus literasi kirannya berkenan membantu mendukung dan memberikan informasi yang benar kepada masyarakat dengan memberikan motivasi dan inspirasi untuk giat membaca dan menulis tambahnya.

 

(Done, Perpus)

 

 

 

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.