iSanggau, Solusi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau Tingkatkan Minat dan Budaya Baca Masyarakat secara Online.

Sanggau, iSanggau adalah aplikasi perpustakaan digital persembahan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sanggau. iSanggau merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dilengkapi dengan e-Reader untuk membaca e-book. Dengan fitur-fitur media sosial anda dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna yang lain. Anda dapat memberikan rekomendasi buku yang sedang anda baca, menyampaikan ulasan buku serta mendapatkan teman baru. Membaca e-book di iSanggau jadi lebih menyenangkan karena Anda dapat membaca buku dimanapun dan kapanpun.

Cara penggunaan perpustakaan digital dalam aplikasi iSanggau

  1. Aplikasi iSanggau dapat diakses melalui PC dan Android.
  2. Unduhlah applikasi iSanggau, Untuk dekstop version dapat klik disini, untuk android version dapat klik disini.
  3. Setelah terunduh, maka akan disambut dengan beberapa halaman pembuka, klik ‘lanjut’ di bagian tengah bawah dan masuk ke halaman registrasi.
  4. Selanjutnya Pilih cara pendaftaran silahkan pilih mendaftarkan lewat akun facebook atau akun email, apabila masuk melalui akun email maka ketikan email di kolom yang tersedia, ikuti langkah-langkah yang diminta: isi nama, nomor hp dan password.

Registrasi selesai, anda telah terdaftar sebagai pemustaka! Silahkan masuk kembali untuk membuka dashboard iSanggau anda.

Tampilan Halaman Muka iSanggau

Dalam dashboard terbagi atas 5 fitur yang ditandai icon :

  1. Buku terbuka / library: koleksi, yang dapat kita pilih bedasarkan pengaturan kategori (caranya pilih tanda panah kekanan), maupun langsung dicari dengan icon kaca pembesar yang dapat digunakan untuk mencari buku dengan kata kunci yang kita inginkan.
  2. Buku tertutup : kategori e-pustaka yang berisi kumpulan buku dari instansi atau penerbit yang telah bekerja sama dengan iSanggau.
  3. Rumah : aktivitas media sosial feeds iSanggau, kita melihat orang yang sedang menambahkan buku, join e-pustaka dan buku terbaru.
  4. File folder: buku yang sedang kita pinjam.
  5. Lonceng : Notifikasi aktivitas dan kotak masuk kita

Pada bagian kiri atas dashboard terdapat icon ≡ . Kita bisa mengedit data diri kita, caranya klik icon ≡ di bagian kiri atas, maka akan terbuka. Kita bisa mengganti foto profil dan menuliskan bio singkat.

Cara meminjam buku :

  1. Masuk ke aplikasi dashboard dan cari buku yang kita inginkan sesuai kategori atau menggunakan kata kunci.
  2. Dari beberapa pilihan, untuk mendapatkan informasi detail sebuah buku cukup klik coverbukunya kemudian akan muncul informasi judul, pengarang, ISBN, sinopsis (jika ada), rating buku dan informasi ketersediaan jumlah buku.
  3. Bila buku masih tersedia, klik iconpinjam tepat dibawah judul buku. Lalu kita akan diarahkan ke bagian peminjaman. Setelah buku kita unduh maka otomatis buku akan secara otomatis masuk rak buku virtual kita selama 3 hari, setelah 3 hari buku secara otomatis dikembalikan.

Sedangkan bila buku tidak tersedia / habis, maka kita harus ikut antrian terlebih dahulu. Klik icon antrian yang tepat dibagian bawah buku. Kita akan diberi pemberitahuan bahwa buku tersebut telah habis. Lalu apakah kita bersedia ikut antrian? Bila menjawab iya, kita diberi pilihan sumber buku. (Petrus)

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.