INOVASI LIBRARY TOUR DI GEDUNG PERPUSTAKAAN

  “Dalam Sejarahnya literasi adalah kebutuhan manusia untuk mencatat, menghimpun proses kegiatan manusia .Kemampuan itu disusun dari membaca, menulis, berbahasa dan mengarsipkan (menyimpan) apa yang dipikirkan seseorang , yang nantinya akan disampaikan lagi ke orang lain. Dengan banyak membaca, banyak pengetahuan yang bisa diperoleh, tantangan kita saat ini adalah menggerakan semangat membaca,terutama untuk generasi muda,” ujar Ketua Dekranasda Kabupaten Sanggau, Ny, Arita Apolina, S.Pd., M.Si bertempat di perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau.Hal diatas disampaikan Ketua Dekranasda Kabupaten Sanggau dalam acara Lauching Library Tour yang dilaksanakan hari selasa, 30 Maret 2021 di Peperpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau, Launching Library Tour yang dilaksanakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan bersama para pegiat literasi diKabupaten Sanggau sebagai inovasi baru yang bertujuan mengenal perpustakaan dan meningkatkan minat baca, melalui library tour diharapkan dapat mengenal perpustakaan, membudayakan baca dan tulis masyarakat.                Dalam acara tersebut Ketua Dekranasda Kabupaten Sanggau menyerahkan 3 (tiga) buah Buku kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau yang didampingi oleh Ketua unit DWP DKP Kabupaten Sanggau untuk Koleksi Deposit Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau berjudul:

  1. PESONA BAJU ADAT PENGANTIN INDONESIA
  2. SULAM TRADISIONAL KALENGKANG KABUPATEN SANGGAU
  3. PESONA TIOP KABUPATEN SANGGAU

Acara launcing Library Tour ini diliput oleh 16 Media, yaitu sebagai berikut :

  1. BERKAT TV NEWS
  2. BETANG RAYA POST
  3. BORNEO TRIBUN
  4. DETIK SATU.COM
  5. KALBAR NEWS
  6. DISKOMINFO SANGGAU
  7. MAJALAH MATA BORNEO NEWS
  8. MENARA BERITA
  9. MENTARI KHATULISTIWA.ID
  10. METRO 7.CO.ID
  11. TRIBUN SANGGAU
  12. RRI.CO.ID
  13. SUARA INDO
  14. SUARA KALBAR
  15. SUARA PEMRED
  16. TRIBUN PONTIANAK INTERAKTIF

Ditempat yang sama , Ketua Dekranasda Kabupaten Sanggau Ny.Arita Apolina, S.Pd., M.Si mengucapkan Selamat atas Launching Library Tour yang bertempat di ruang Podcast dan berharap literasi di Perpustakaan Kabupaten Sanggau masyarakat aktif dan lebih giat lagi untuk beraktivitas diperpustakaan. Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau akan menjadi salah satu Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) bagi masyarakat.

Ny. Arita,S.Pd., M.Si juga mengapresiasi gebrakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau yang terus berinovasi dalam pengembangan Literasi, hingga Library Tour bisa terwujud.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau, H. Sukri,S.Sos., M.Si menambahkan pihaknya terus meningkatkan khazanah literasi dari lokal maupun nasional untuk Arpusda Sanggau.

 

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau  menjelaskan juga bahwa dinas Kearsipan dan Perpustakaan sudah menyusun prosedur operasional standar mengenai peningkatan pelayanan terhadap masyarakat khususnya pemustaka, pemustaka juga bisa menikmati hasil dari Library Tour juga photo boots property dan rencana kita kedepan Library Podcast untuk pemustakaa bisa santai sambil ngopi serta berbincang tentang kemajuan literasi Sanggau.

Turut hadir pada kegiatan Launching Library Tour Ketua2 Pokja dan tamu lain membaur dalam kegiatan tersebut.

 

 

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.