SEMINAR LITERASI DIALUA POLRES SANGGAU

SEMINAR LITERASI DIALUA POLRES SANGGAU

 

 

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan H.Sukri,S.Sos, M.Si mengatakan bahwa,”dengan dikukuhkannya Bunda Literasi Ny.Arita Apolina , S.PD., M.Si sebagai Bunda Literasi Kabupaten Sanggau  maka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan melalui bidang Perpustakaan sudah mempunyai figur dalam literasi yang bisa membawa perubahan dalam perkembangan literasi di Kabupaten Sanggau.”

Bunda Literasi Ny. Arita Apolina, S.Pd.,M.Si  sebagai pegiat literasi Kabupaten Sanggau memiliki tugas bersinergi dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sanggau  mempromosikan serta meningkatkan kegemaran membaca masyarakat Kab.Sanggau.

Literasi secara etimologi berasal dari bahasa latin littera yang memiliki pengertian melibatkan sistem tulisan yang fundamental dan pondasi untuk belajar sepanjang hayat. Hal ini penting sepenuhnya untuk pembangunan sosial dan manusia dalam kemampuannya untuk mneugbah kehidupan (UNESCO,2015).

Literasi adalah suatu bentuk kemampuan yang dimiliki sseorang untuk menulis, membaca dan menganalisis fenomena sosial dengan ilmu pengetahuan yang mendalam. Sedangkan pengertian budaya literasi adalah melakukan kebiasaan berfikir yang disertai dengan proses membaca, menulis, hingga akhirnya apa yang dilakuakan dalam segala proses kegiatan literasi akan memciptakan karya nyata yang bermanfaat bagi masyarakat. Literasi ini sangatlah penting untuk dilakukan alasanya dengan literasi ilmu pengetahuan akan lebih diketahui fungsi dan manfaat yang dituliskan oleh seseorang akan menjadi ambigu dan hanya dianggap sebagai opini semata (tanpa dasar) .

Bertempat dialua POLRES Sanggau kegiatan yang diselenggaran oleh Himpunan Mahsiswa Islam memohon  Bunda Literasi Kabupaten Sanggau untuk menjadi narasumber. Bunda Literasi  didampingi oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sanggau yang diwakili oleh Kabid Perpustakaan  menjadi Narasumber dalam kegiatan Seminar Literasi dengan tema”Me-reframe Budaya Literasi Masyarakat di Kabupaten Sanggau. Bunda Literasi menyampaikan Grand Design Bunda Literasi Kabupaten Sanggau adalah berupaya mendorong dan menggali minat dari berbagai aspek masyarakat. “Kita siap memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan literasi antar lembaga baik itu lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan serta lembaga lainnya, Kita juga berupaya mendorong dan menggali minat dari berbagai aspek masyarakat agar mereka mau meningkatkan literasinya dan akan kita fasilitasi. Hal ini guna peningkatan kemampuan diri yang akhirnya akan berdampak untuk kemajuan suatu Bangsa Negara”,tutur Ny. Arita Apolina.

Kegiatan diakhiri dengan  Bunda Literasi Mendapat piagam Penghargaan dari HMI dan foto bersama seluruh peserta seminar.

 

(Done, Perpus)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.